KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim.
Puji
Syukur kami panjatkan ke hadapan Allah yang maha Esa karena berkat rahmat- Nya
profil Madrasah Diniyah Nurul Huda Kintamani ini dapat kami selesaikan.
Shalawat dan salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada junjungan Nabi kita
Muhammad SAW.
Selanjutnya
kami berusaha menyusun Profil Madrasah ini semaksimal mungkin Namun mengingat
terbatasnya waktu yang tersedia demikian pula terbatasnya pengetahuan dan
pengalaman kami maka profil yang kami sajikan tentu jauh dari harapan.
Untuk
itu kritik , saran, petunjuk dan bimbingan dari yang berkompeten dalam hal ini,
sangat kami harapkan untuk kami gunakan sebagai pedoman dalam penysusunan
profil di masa yang akan datang.
Perlu
dimaklumi bahwa profil madrasah ini hanya merupakan salah satu syarat bagi
madrasah dalam upaya memberikan suatu gambaran umum tentang keadaan madrasah
khusnya yang terkait dengan data – data madrasah yang diperlukan.
Demikian
pula melalui kesempatan yang baik ini kepada yang telah membantu dalam
penyusunan profil ini utamanya kepada rekan – rekan guru tak lupa kami
sampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya .
Akhirnya
atas segala perhatiannya sekali lagi
kami ucapkan terima kasih dengan harapan semoga Profil Madrasah ini ada
manfaatnya terutama bagi yang bergerak dibidang pendidikan.Amin.
i
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mencerdaskan
kehidupan bangsa merupakan salah satu amanat Rakyat Indonesia . Sebagaimana tertuang
dalam pembukaan Undang – Undang dasar 1945. Oleh karena itu hakikat pembangunan
Nasional Bangsa Indonesia
adalah Pembanguna Manusia Indonesia
seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia .
Meningkatakan
mutu sumber daya manusia dalam bidang pendidikan agama ( Iman dan taqwa )
merupakan usaha Bangsa Indonesia
dalam mewujudkan hakekat pembangunan tersebut disamping ilmu pengetahuan dan
teknologi ( Iptek ).
Tidak
dapat dipungkiri bahwa titik awal peningkatan mutu sumber daya manusia ini
dimulai dari Pendidikan Dasar. Oleh karena itu peningkatan mutu pendidikan pada
Madrasah Diniyah diharapakan mampu meningkatkan kualitas generasi bangsa Indonesia
di masa yang akan datang.
Berbagai
upaya telah dilaksanakan atau dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan
khususnya di Madrasah mulai dari kurikulum, peningkatan kompetensi guru,
pengadaan buku dan alat – alat pelajaran, perbaikan sarana dan sarana termasuk
didalamnya perbaikan menejemen Madrasah seperti usaha pengingkatan pengelolaan
Madarsah melalui penertiban administrasi Madrasah.
Madrasah
Diniyah sebagai salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang diperlukan oleh
semua komponen pelaku pendidikan dari guru dan kepala Madrasah dan
masyarakat dalam kehidupan sehari – hari.
Karena
pendidikan agama tersebut sangat kompleks, maka pendidikan agama pada tingkat
usia dini perlu dilaksanakan dengan sungguh – sungguh. Berdasarkan latar
belakang tersebut di atas kami mencoba menyusun profil madrasah ini untuk
mendapatkan gambaran utuh tentang keberadaan madrasah sebagai salah satu upaya
penertiban administrasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan khusuanya
pendidikan agama Islam.
1
B. TUJUAN.
Adapun tujuan penyusunan profil
madrasah ini adalah :
- Memberikan gambaran umum keberadaan madrasah kepada pihak yang memerlukan.
- Memberikan informasi dan sajian data yang lengkap dan akurat kepada guru, kepala madrsah, pengurus madrasah dan Kantor Departemen Agama dari tingkat kabupaten, propinsi dan pusat untuk kepentingan pengelolaan, supervisi, pelaporan, perencanaan dan evaluasi
C. MANFAAAT DAN FUNGSI
Dengan tersusunnya profil madrasah
ini akan sangat bermanfaat bagi :
- Madrasah sebagai arsip data yang akurat dari tahun ke tahun.
- Kepala Madrasah sebagai bahan evaluasi dan motivasi untuk peningkatan kinerja dalam upaya peningkatan mutu pendidikan agama.
- Pengawas atau pengurus madrasah sebagai bahan evaluasi untuk pembinaan selanjutnya dalam upaya peningkatan kinerja madrasah dan peningkatan mutu pendidikan.
Disamping
itu pula dengan tersusunnya profil madrasah ini akan sangat jelas berfungsi
memberikan gambaran utuh keadaan madrasah setiap tahun yang dapat digunakan
oleh kepala madrasah maupun pengawas dan pengurus madrasah untuk acuan dan
tolak ukur serta bahan perbandingan untuk meningkatkan mutu pendidikan
khususnya pendidikan agama di madrasah.
2
BAB II
ANALISA SITUASI
A. GAMBARAN UMUM
I. SEJARAH
Madrasah Diniyah Nurul Huda adalah satu – satunya
pendidikan keagamaan yang ada di Kintamani bermula dari keinginan sebagian
besar para tokoh masyarakat di Kintamani yang menginginkan adanya pendidikan
keagamaan terutama agama Islam maka di tahun 1981 bertepatan dengan tahun 1401
Hijriah yang diprakarsai oleh Almarhum Bapak Haji Tasrifan maka tahun itu
dibentuklah sebuah yayasan yang bernama Yayasan Sosial Sudihati dimana diantara
kegiatannya adalah menyeleggarakan pendidikan diniyah. Dari yayasan tersebut
dibangunlah sebuah gedung madrasah yang bernama Madrsah Diniyah Nurul Huda pada
awal beroperasinya madrasah tersebut harus mendatangkan tenaga pengajar dari
pesantren – pesantren yang ada di pulau Jawa dan sekitarnya dengan sistem
kontrak pertahun. Sampai saat ini alumni Madrasah Nurul Huda sudah ada yang
menjadi tenaga pengajar pada madrasah tersebut.
II. LETAK GEOGRAFIS
Madrasah Diniyah Nurul Huda Kintamani merupakan salah satu dari dua
Madarasah Diniyah yang terdapat di Kabupaten Bangli. Madarasah Diniyah Nurul Huda yang berlokasi
di Desa Kintamani Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Madrasah ini dibangun
pada tahun 1981..Dengan batas wilayah sebelah utara Kapolsek Kintamani
Sebelah timur jalan raya Kintamani.
Secara fisik wilayah kerja Madrasah Diniyah Nurul Huda Kintamani
merupakan daerah pegunungan atau dataran tinggi , hal ini berpengaruh terhadap
keadaan iklim di wilayah ini. Begitu pula dengan curah hujan yang relatif
tinggi terutama terjadi bulan – bulan Januari, Pebruari dan Desember. Dengan
keadaan geografis yang merupakan daerah pegunungan yang sebagian besar
wilayahnya merupakan daerah sulit sumber
air bersih terutama pada musim kemarau .
3
PROFIL MADRASAH
1. NAMA MADRASAH : MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA
2. STATUS : SWASTA TERDAFTAR
3. NOMOR
Induk/Register :
311251060001
4. KONDISI
GEOGRAFIS : PEGUNUNGAN
5. JUMLAH ROMBONGAN
BELAJAR : 5 ( Lima )
6. JUMLAH SISWA : 102 MURID
7. ALAMAT MADRASAH : JL. RAYA KINTAMANI DUSUN SUDIHATI
KEC. KINTAMANI KAB.BANGLI PROPINSI BALI .
8. KODE POS : 80652
9.
NOMER TELEPON : -
10. MADRASAH DIDIRIKAN PADA :
TAHUN 1981 M/1401 H
11. PENDIRI MADRASAH : ORGANISASI.YAYASAN/BADAN/
PERORANGAN **)
11. WAKTU BELAJAR : PAGI/SORE/MALAM
12. STATUS GEDUNG : MILIK SENDIRI/WAKAF/SEWA/
MENUMPANG
13. LUAS RUANG BELAJAR : 4 X 5 M2
14. JUMLAH LOKAL : 6 LOKAL
15. STATUS TANAH : HAK GUNA
PAKAI
16. LUAS TANAH : 150 M2
4
BAB III
I.
VISI MADRASAH NURUL HUDA
MENGEMBANGKAN
INSAN YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DAN MENCINTAI AGAMANYA .
II.
MISI
1. MELAKUKAN PBM SECARA
EFEKTIF.
2. MENANAMKAN AJARAN AGAMA
DENGAN BAIK .
3. MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
MELALUI PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN.
5
BAB IV
KEADAAN UMUM
A.
DATA MURID
NO
|
KELAS
|
JENIS KELAMIN
|
JUMLAH MURID
|
KET.
|
1
|
I
|
LAKI – LAKI = 22
PEREMPUAN = 18
|
40
|
|
2
|
II
|
LAKI – LAKI = 9
PEREMPUAN = 6
|
15
|
|
3
|
III
|
LAKI – LAKI = 10
PEREMPUAN =10
|
20
|
|
4
|
IV
|
LAKI – LAKI = 7
PEREMPUAN = 5
|
12
|
|
|
Wustho
|
LAKI – LAKI = 11
PEREMPUAN = 4
|
15
|
|
JUMLAH
|
102
|
|
B.
DATA GURU
NO
|
NAMA
|
JENIS KELAMIN
|
TEMPAT, TANGGAL LAHIR
|
PENDIDIKAN
|
KET.
|
1
|
Syamsuddin
|
L
|
Kintamani, 26/02/1977
|
Aliyah
|
Kepala Madrasah
|
2
|
Suwarno
|
L
|
Kintamani,
19/11/1981
|
SLTA
|
Wali kelas
|
3
|
Ayu Suhartini
|
P
|
Kintamani,
27/11/1974
|
Aliyah
|
Wali kelas
|
4
|
Siti Munawwaroh
|
L
|
Kintamani,
06/06/1992
|
SMA
Sederajat
|
Wali kelas
|
5
|
Marjuni
|
L
|
Karangasem,
01/ 06 /1971
|
S
1 PAI
|
Guru mata pelajaran
|
6
|
Busthomi
|
L
|
Karangasem,
18/02/1991
|
Aliyah
|
Guru mata pelajaran
|
6
C.
SARANA PRASARANA
1. RUANGAN
RUANG
|
JUMLAH
|
KONDISI
|
|||
BAIK
|
RUSAK RINGAN
|
RUSAK BERAT
|
KET
|
||
KELAS
|
5
|
5
|
|
|
|
GURU
|
1
|
1
|
|
|
|
KEPALA
MADRASAH
|
-
|
-
|
|
|
|
PERPUSTAKAAN
|
|
|
|
|
|
UKS
|
-
|
|
|
|
|
WC
|
2
|
2
|
|
|
|
GUDANG
|
1
|
|
|
1
|
|
D.
SARANA PRASARANA
2. PERLENGKAPAN
PERLENGKAPAN
|
JUMLAH
|
KONDISI
|
|||
BAIK
|
RUSAK RINGAN
|
RUSAK BERAT
|
KET
|
||
Meja murid
|
29
|
|
29
|
|
|
Kursi murid
|
30
|
|
30
|
|
|
Papan tulis
|
4
|
4
|
|
|
|
Almari
|
3
|
|
1
|
2
|
|
Meja guru
|
3
|
1
|
1
|
1
|
|
Kursi guru
|
3
|
1
|
1
|
1
|
|
Komputer
|
2
unit
|
2
|
|
|
|
Mesin ketik
|
1
unit
|
|
|
1
|
|
Telepon
|
1
unit
|
-
|
|
1
|
|
Karpet
|
10
|
|
|
10
|
|
Papan Dokumentasi
|
1
|
1
|
|
|
|
Alat Musik Rebana
|
1
Set
|
|
|
1
Set
|
|
Papan Tulis
|
5
|
5
|
|
|
|
Alat peraga Al qur’an
|
6
|
|
6
|
|
|
7
E.
SARANA PRASARANA
3. BUKU
JUDUL BUKU PELAJARAN
|
JUMLAH
|
KONDISI
|
|||
BAIK
|
RUSAK RINGAN
|
RUSAK BERAT
|
KET
|
||
Fiqih dan Ibadah
|
10
|
|
10
|
|
|
Al-quran dan Hadis
|
10
|
|
10
|
|
|
Aqidah Ahlaq
|
10
|
|
10
|
|
|
Tarikh Islam
|
10
|
|
10
|
|
|
Bahasa Arab
|
10
|
|
10
|
|
|
Al- Quran dan terjemah
|
4
|
4
|
|
|
|
Iqro`
|
-
|
-
|
|
|
|
Pedoman Penyelenggaraan dan
Pembinaan Madrasah Diniyah
|
4
|
4
|
|
|
|
Kurikulum Madrasah Diniyah
Awaliyah
|
4
|
4
|
|
|
|
Petunjuk Pelaksanaan PBM di
Raudathul Atfal
|
4
|
4
|
|
|
|
Alat Peraga Membaca Alqur`an
& buku Panduannya
|
6
Set
|
|
|
6
Set
|
|
Alat Peraga Sholat
|
-
|
-
|
|
|
|
8
PROFIL
MADRASAH
DINIYAH NURUL HUDA
TAHUN
2012/2013
ALAMAT
: JALAN RAYA
KINTAMANI
DUSUN :
SUDIHATI
KECAMATAN :
KINTAMANI
KODE POS : 80652
KABUPATEN :
BANGLI
TELEPON :
PROVINSI :
BALI
SUSUNAN PENGURUS
MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA
PERIODE : 2008 – 2012
********************************************************************
PELINDUNG : KEPALA DUSUN SUDIHATI
PENASEHAT : Hadi Poerwanto ( Kepala KUA Kintamani )
Khairuddin Usman
H. Ali Spd
PENGAWAS : Achmad S.ag
Anas S.pdI
KETUA : M. Lazim
WAKIL KETUA : M. Shodiq
SEKRETARIS : Sutarmin S.pd
BENDAHARA : Hadi Sucipto
DEWAN GURU :
1)
Syamsuddin As
2)
Suwarno
3)
Ayu Suhartini
4)
Marjuni
5)
Siti Munawwaroh
6)
Busthomi
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………………. i
DAFTAR ISI………………………………………………………………………. ii
A. Latar
Belakang……………………………………………………………… 1
B. Tujuan
……………………………………………………………………... 2
C. Manfaat dan
fungsi ………………………………………………………... 2
BAB II Analisa Situasi ……………………………………………………………... 3
A. Gambaran Umum
…………………………………………………………. 3
1. Sejarah
………………………………………………………………… . 3
2. Letak
Geografis………………………………………………………… 3
3. Profil
Madrasah Diniyah Nurul Huda Kintamani ……………………. 4
BAB III. Visi dan Misi …………………………………………………………….. 5
BAB IV Keadaan umum
………………………………………………………….. 6
A. Data Murid
……………………………………………………………….. 6
B. Data Guru
………………………………………………………………… 6
C. Sarana
Prasarana …………………………………………………………. 7
1. Ruangan
………………………………………………………………. 7
2. Perlengkapan
…………………………………………………………. 7
3 Buku
…………………………………………………………………... 8
D. Susunan
Pengurus ……………………………………………………….. 9
BAB V Penutup …………………………………………………………………… 10
ii
BAB V
PENUTUP
Disadari bahwa
saat ini dan di masa yang akan datang peranan pendidikan agama sangat penting
dan keberhasilannya menjadi tuntutan setiap orang tua dan seluruh lapisan
masyarakat. Untuk itu perlu dukungan dari berbagai pihak dalam menangani hal –
hal yang masih terealisasikan seperti taman bermain maupun sarana yang lainnya.
Diharapkan profil
ini dapat memberi gambaran tentang keadaan Madrasah Diniyah Nurul Huda secara
umum. Selanjutnya saran dan kritik yang membangun tetap kami harapkan dari
berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam Khususnya
bagi Madrasah Diniyah Nurul Huda.
10
0 komentar:
Posting Komentar