A. Pembagian
Mad
Mad menurut etimologi berarti tambahan. Menurut istilah tajwid berarti
memanjangkan suara sewaktu membaca huruf mad atau huruf layin jika bertemu
dengan hamzah atau sukun. Huruf mad ada tiga, yaitu alif, wau dan ya. Syarat
mad: Huruf sebelum wau berbaris damah, sebelum ya berbaris kasrah dan sebelum
alif berbaris fathah. Jika huruf yang sebelum ya atau wau sukun itu berbaris
fathah, tidak disebut huruf mad, akan tetapi disebut dengan huruf layin.
1.Mad Asli
Mad Tabii atau mad asli, yaitu bila huruf yang setelah mad bukan huruf
hamzah atau sukun. Dinamakan tabii karena mad tersebut merupakan sesuatu yang
tabii (alami), kadarnya tidak kurang dan tidak lebih. Aturan membacanya
sepanjang dua harakat.
1.1 Ketika Wakaf dan Washal
Huruf mad tetap eksis di
saat washal atau wakaf, baik huruf mad itu terletak di tengah seperti pada
kata( مالك ) ( يوصيكم )atau di akhir seperti pada kata( الشمس وضحاها ).
Syarat mad tabii adalah tidak terdapat huruf hamzah atau sukun setelah huruf mad tersebut.
Syarat mad tabii adalah tidak terdapat huruf hamzah atau sukun setelah huruf mad tersebut.
1.2 Ketika Washal
Mad asli atau tabii bisa terjadi pada shilah shughra,
yaitu huruf wau kecil yang terdapat setelah ha dhamir yang berbaris damah dan
ya kecil yang terdapat setelah ha dhamir yang berbaris kasrah. Agar ha dhamir
bisa disambung dengan wau atau ya, disyaratkan agar huruf itu harus terdapat di
antara dua huruf yang berharakat, seperti( إنه هو )
( به بصيرا ).
Dalam hal ini, wau dan ya dibaca panjang, dua harakat
(dengan syarat tidak terdapat huruf hamzah pada kata lain) ketika washal,
sedangkan ketika wakaf tidak dibaca panjang.
1.3 Ketika Wakaf
Mad asli atau tabii bisa juga terjadi pada huruf mad yang
eksis ketika wakaf dan hilang ketika washal. Hal ini terjadi pada huruf alif
pengganti tanwin (fathatain) seperti( عليمًا حكيمًا ),jika berhenti pada huruf alif( حكيمًا ).
Hal mana mad akan hilang bila disambung dengan kata sesudahnya.
Hal mana mad akan hilang bila disambung dengan kata sesudahnya.
2. Mad Far'i
Mad Far`i adalah mad yang merupakan tambahan
terhadap mad tabii karena salah satu dua sebab, yaitu hamzah dan sukun.
2.1 Muttashil
Mad Muttashil (bersambung), disebut mad muttashil bila
dalam satu kata bertemu mad tabii dengan huruf hamzah. Dinamakan muttashil
karena mad tabii bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kata. Mad muttasil
disebut juga mad wajib. Aturan bacaannya sepanjang empat harakat atau lima
harakat atau enam harakat ketika berhenti
2.2 Munfashil
Mad Munfashil (terpisah), disebut mad munfashil bila mad
tabii bertemu dengan huruf hamzah di kata berikutnya. Dinamakan munfashil
karena huruf mad dengan huruf hamzah terdapat pada kata yang berbeda. Aturan
membacanya boleh sepanjang dua harakat, empat harakat atau lima harakat menurut
Imam Hafsh. Termasuk mad munfashil adalah shilah kubra, yaitu bila wau kecil
yang terdapat setelah ha dhamir yang berbaris damah dan ya kecil yang terdapat
setelah ha dhamir yang berbaris kasrah bertemu dengan hamzah di lain kata.
Aturan membacanya sama dengan mad shilah di saat washal, sedangkan di saat
wakaf tidak dibaca panjang.
2.3 Aridh
Mad Aridh, disebut mad aridh bila huruf mad atau huruf
layin bertemu dengan sukun yang terjadi karena wakaf. Dinamakan aridh karena
mad asli yang terdapat di akhir ayat dibaca sukun karena wakaf, jika diwashal
dia tetap sebagai mad tabii. Aturan membacanya boleh tiga macam; pendek (dua
harakat),sedang (empat harakat), panjang (enam harakat).
Contoh,( الحمد لله رب العالمين ).
Hal yang sama juga diperlakukan pada mad layin ketika
wakaf. Contoh,( فليعبدوا رب هذا البيت ).
Dinamakan mad layin (lembut) karena pengucapannya lembut
dan mudah.
2.4 Badal
Mad Badal, disebut mad badal bila huruf hamzah terdapat sebelum
mad tabii di dalam satu kata (setelah mad tidak ada lagi hamzah atau sukun).
Dinamakan mad badal karena huruf mad merupakan pengganti
dari huruf hamzah, di mana asal dari mad badal pada umumnya adalah karena
bertemunya dua hamzah dalam satu kata, yang pertama berharakat dan yang kedua
sukun, seterusnya huruf hamzah yang kedua diganti menjadi huruf mad yang sesuai
dengan jenis harakat huruf hamzah yang pertama, untuk meringankan bacaan. Jika
huruf hamzah yang pertama berbaris fathah, maka yang kedua diganti menjadi
huruf alif seperti( آمنوا )asalnya( ءأمنوا ), jika huruf yang pertama berbaris kasrah, maka yang
kedua diganti menjadi huruf ya seperti( إيمانا ), asalnya( إئمانا ), jika huruf yang pertama berbaris damah, maka huruf
yang kedua diganti menjadi huruf wau seperti( أوتوا )asalnya( أؤتوا ).
Aturan membacanya adalah sepanjang dua harakat seperti
mad tabii.
2.5 Lazim
Mad Lazim, disebut mad
lazim adalah bila mad tabii bertemu dengan sukun yang tetap eksis baik dalam
keadaan washal atau wakaf, baik dalam satu kata atau pun tidak. Dinamakan lazim
(harus) karena mad tersebut harus dibaca enam harakat dan karena keharusan
eksisnya sukun, baik ketika washal atau pun wakaf.
2.5.1 Mutsaqqal Harfi
Mad Lazim Mutsaqqal Harfi adalah mad tabii yang bertemu
dengan sukun asli (bukan karena wakaf) pada salah satu huruf hijaiah yang
bertasydid. Dinamakan harfi karena sukun asli tersebut terdapat setelah huruf
mad. Hal ini terdapat pada huruf-huruf hijaiah yang terletak di awal beberapa
surat. Dinamakan mutsaqqal karena berat mengucapkannya karena adanya tasydid
pada sukun tersebut. Aturan membacanya wajib sepanjang enam harakat. Contohnya
ialah huruf lam dalam( الم ).
2.5.2 Mukhaffaf Harfi
Mad Lazim
Mukhaffaf Harfi adalah mad tabii yang bertemu dengan sukun asli pada salah satu
huruf hijaiah yang tidak bertasydid. Dinamakan mukhaffaf karena ringan mengucapkannya
akibat tidak adanya tasydid dan ghunnah pada mad itu. Contohnya huruf mim
dalam( الم ).
Catatan: Huruf hijaiah yang terdapat di permulaan surat
ada empat belas huruf, yaitu yang tergabung dalam kalimat:( صله سحيرا من قطعك ).
Ini terbagi ke dalam empat bagian. Pertama yang jumlah
hurufnya ada tiga, di mana huruf mad terletak di tengah-tengah. Ada tujuh huruf
yang termasuk dalam bagian ini, yaitu yang tergabung dalam kalimat:( كم عسل نقص )kecuali huruf `ain.
Bagian pertama ini aturan membacanya sepanjang enam harakat. Kedua yang jumlah
hurufnya ada tiga, di mana huruf layin terletak di tengah-tengah, yaitu huruf
`ain. Bagian kedua ini boleh dibaca sepanjang empat atau enam harakat. Ketiga
yang jumlah hurufnya ada dua, di mana yang kedua adalah huruf mad. Hurufnya ada
lima, yaitu yang tergabung dalam kalimat:( حي طهر
).
Bagian ketiga ini aturan membacanya sama dengan mad tabii, yaitu sepanjang dua harakat. Keempat yang jumlah hurufnya ada tiga dan tidak terdapat huruf mad di tengah-tengahnya. Hurufnya hanya satu, yaitu alif. Aturan membacanya adalah biasa tidak terdapat mad.
Bagian ketiga ini aturan membacanya sama dengan mad tabii, yaitu sepanjang dua harakat. Keempat yang jumlah hurufnya ada tiga dan tidak terdapat huruf mad di tengah-tengahnya. Hurufnya hanya satu, yaitu alif. Aturan membacanya adalah biasa tidak terdapat mad.
2.5.3 Mutsaqqal Kilmi
Mad Lazim Mutsaqqal Kalimi, yang dimaksud dengan istilah
ini adalah mad tabii yang bertemu dengan huruf yang bertasydid dalam satu kata.
Aturan membacanya wajib sepanjang enam harakat. Dinamakan mutsaqqal karena
berat mengucapkannya sebagai akibat terdapatnya tasydid pada huruf yang sukun.
Contohnya huruf alif dalam:( الضالين ) dari firman Allah
Taala( غير المغضوب عليهم ولا الضالين )
2.5.4 Mukhaffaf Kilmi
Mad Lazim Mukhaffaf Kalimi, yang dimaksud dengan istilah
ini adalah mad tabii yang bertemu dengan huruf yang sukun (tetapi tidak
bertasydid) dalam satu kata. Aturan membacanya wajib sepanjang enam harakat.
Dinamakan mukhaffaf karena mengucapkannya ringan dan mudah, sebagai akibat
tidak adanya tasydid dan ghunnah pada mad itu. Dinamakan kilmi (kata) karena
sukun asli dan mad tabii itu terdapat dalam satu kata. Contohnya kata( أالآن )pada dua tempat dalam surat Yunus, masing-masing pada
ayat 51 dan 91.
B. Nun dan
Tanwin
Nun sukun, : yaitu nun yang berbaris sukun yang bacaannya tergantung dengan
huruf yang datang berikutnya. Nun tanwin (baris dua), yaitu nun sukun tambahan
yang terdapat di akhir kata jika kata tersebut dilafalkan atau disambung dan
hilang jika kata tersebut ditulis atau dijadikan tempat berhenti. Tandanya: Dua
damah( ٌ ), dua fathah( ً )atau dua kasrah( ٍ ).
Nun sukun yang terjadi dari tanwin ini diperlakukan sama seperti nun sukun
dalam cara membacanya. Catatan: Apabila ada nun sukun atau tanwin dan
sesudahnya terdapat hamzah washal, maka kedua-duanya tidak boleh dibaca dengan
izhar, idgham, iqlab atau ikhfa, akan tetapi harus dibaca kasrah untuk
menghindari bertemunya dua huruf yang sukun, kecuali huruf nun pada( ِمن )--anggota huruf jar--, maka nun tersebut harus dibaca
fathah untuk menghindari bertemunya dua huruf yang sukun, karena beratnya
pindah dari baris kasrah ke baris fathah. Catatan lain: Ketentuan-ketentuan
yang terdapat pada nun sukun atau tanwin hanya terjadi pada waktu washal
(bersambung) saja, bukan pada waktu wakaf (berhenti).
1. Iqlab
Iqlab menurut etimologi berarti merubah sesuatu dari bentuknya. Menurut
istilah tajwid berarti meletakkan huruf tertentu pada posisi huruf lain dengan
memperhatikan ghunnah dan penuturan huruf yang disembunyikan (huruf mim).
Dinamakan iqlab karena terjadinya perubahan tuturan nun sukun atau tanwin menjadi mim yang tersembunyi dengan disertai dengung. Huruf iqlab hanya satu, yaitu baa.
Dinamakan iqlab karena terjadinya perubahan tuturan nun sukun atau tanwin menjadi mim yang tersembunyi dengan disertai dengung. Huruf iqlab hanya satu, yaitu baa.
2. Idgham
Idgham menurut etimologi berarti memasukkan sesuatu ke dalam sesuatu.
Menurut istilah tajwid berarti memasukkan huruf yang sukun ke dalam huruf yang
berharakat sehingga menjadi satu huruf yang bertasydid. Idgham terbagi dua: -
Idgham Bighunnah (disertai dengung) - Idgham Bila Ghunnah (tanpa dengung).
Catatan: Idgham tidak terjadi kecuali dari dua kata. Huruf-huruf idgham ada enam, yaitu yang tergabung dalam kalimat( يرملون ).
Catatan: Idgham tidak terjadi kecuali dari dua kata. Huruf-huruf idgham ada enam, yaitu yang tergabung dalam kalimat( يرملون ).
2.1 Bighunnah
Idgham bighunnah mempunyai empat huruf, yaitu yang
tergabung dalam kalimat( ينمو ), yaitu: م, ن, ي dan و . Apabila salah satu
hurufnya bertemu dengan nun sukun atau tanwin (dengan syarat di dalam dua
kata), maka harus dibaca idgham bighunnah, kecuali pada dua tempat, yaitu: pada
ayat( يس والقرآن الحكيم )dan( ن والقلم وما يسطرون )yang harus dibaca izhar mutlak,
berbeda dengan kaedah aslinya. Hal ini sesuai dengan bacaan yang diriwayatkan
oleh Imam Hafsh.
2.2 Bila Ghunnah
Idgham bila ghunnah mempunyai dua huruf, yaitu:( ر )dan( ل ).
Apabila salah satu hurufnya bertemu dengan nun sukun atau
tanwin (dengan syarat di dalam dua kata), maka bacaannya harus idgham bila
ghunnah kecuali nun yang terdapat pada ayat( َمن راق ), karena di sini harus dibaca saktah (diam sebentar
tanpa bernafas) yang menghalangi adanya bacaan idgham.
3. Izhar
Izhar menurut etimologi berarti memperjelas dan menerangkan. Menurut
istilah tajwid berarti melafalkan huruf-huruf izhar dari makhrajnya tanpa
disertai dengung.
3.1 Mutlak
Izhar halqi menurut etimologi berarti memperjelas dan
menerangkan. Menurut istilah tajwid ialah melafalkan huruf-huruf izhar dari
makhrajnya tanpa disertai dengung Dinamakan halqi karena makhraj huruf-hurufnya
dari halq (kerongkongan).Hurufnya enam, yaitu: غ ,ح ,ع, ,ه ,ء dan خ .
3.2 Halqi
Izhar mutlak menurut etimologi berarti memperjelas dan
menerangkan. Menurut istilah tajwid berarti melafalkan huruf-huruf izhar dari
makhrajnya tanpa disertai dengung. Dinamakan mutlak karena tidak ada kaitannya
dengan kerongkongan atau bibir. Izhar mutlak terjadi apabila nun sukun( ْن )bertemu dengan ي atau و dalam satu kata. Izhar semacam ini dalam Alquran hanya
terdapat pada empat tempat yaitu:( الدنيا - بنيان - صنوان - قنوان )dan ( يس والقرآن الحكيم) , (ن والقلم وما يسطرون )karena aturan bacaan
kedua-duanya adalah izhar mutlak walaupun berada dalam dua kata. Hal ini sesuai
dengan bacaan yang diriwayatkan oleh Imam Hafsh.
4. Ikhfa Hakiki
Ikhfa menurut etimologi berarti menyembunyikan.
Menurut istilah tajwid berarti melafalkan huruf antara izhar dan idgham tanpa
tasydid dan disertai dengan dengung. Disebut juga ikhfa hakiki (real) karena
kenyataannya persentase nun sukun dan tanwin yang disembunyikan lebih banyak
dari huruf lainnya. Huruf ikhfa ada lima belas, yaitu awal kata dari kalimat: (
صف/ ذا/ ثنا/ كم/ جاد/ شخص/ قد/ سما/ دم/ طيبا/ زد/ في/ تقى/ ضع/ ظالما )
C. Jenis Wakaf
Wakaf menurut etimologi berarti berhenti/menahan. Menurut istilah tajwid
berarti memutuskan suara di akhir kata untuk bernafas sejenak dengan niat
meneruskan bacaan selanjutnya.
1. Lazim
Wakaf Lazim (harus), yaitu berhenti di akhir kalimat sempurna. Wakaf Lazim
disebut juga Wakaf Taam (sempurna) karena wakaf terjadi setelah kalimat
sempurna dan tidak ada kaitan lagi dengan kalimat sesudahnya. Tandanya:( م ).
2. Jaiz
Wakaf Ja'iz (boleh), yaitu
bacaan yang boleh washal (disambung) atau wakaf (berhenti).
Wakaf jenis ini terbagi dua, yaitu yang terkadang disambung lebih baik dan yang terkadang berhenti lebih baik.
Wakaf jenis ini terbagi dua, yaitu yang terkadang disambung lebih baik dan yang terkadang berhenti lebih baik.
2.1 Kafi
Wakaf Kafi
(cukup), yaitu bacaan yang boleh washal atau wakaf, akan tetapi wakaf lebih
baik daripada washal. Dinamakan kafi karena berhenti di tempat itu dianggap cukup tidak
membutuhkan kalimat sesudahnya sebab secara lafal sudah tidak ada kaitannya. Tandanya:( قلي ).
2.2
Tasawi
Wakaf
Tasawi (sama), yaitu tempat berhenti yang sama hukumnya antara wakaf dan
washal. Tandanya:( ج ).
2.3 Hasan
Wakaf
Hasan (baik), yaitu bacaan yang boleh washal atau wakaf, akan tetapi washal
lebih baik dari wakaf. Dinamakan hasan (baik) karena berhenti di tempat itu sudah baik. Tandanya:( صلي ).
3. Muraqabah
Wakaf Muraqabah
(terkontrol) yang disebut juga ta`anuqul-waqfi (wakaf bersilang), yaitu
terdapatnya dua tempat wakaf di lokasi yang berdekatan, akan tetapi hanya boleh
berhenti pada salah satu tempat saja.
4. Mamnuk
Wakaf Mamnuk (terlarang),
yaitu berhenti di tengah-tengah kalimat yang belum sempurna yang dapat
mengakibatkan perubahan pengertian karena mempunyai kaitan yang sangat erat
--secara lafal dan makna-- dengan kalimat sesudahnya. Oleh karena itu, dilarang
berhenti di tempat seperti ini. Tandanya:( لا )
5. Saktah Lathifah
Saktah Lathifah (berhenti sejenak), yaitu
memutuskan suara (selama dua harakat) di akhir kata tanpa bernafas. Tandanya:( س )
D. Jenis Hamzah
Hamzah dalam Alquran
terbagi dua macam, yaitu hamzah qath`i (putus) dan hamzah washal (sambung).
1. Qath'i
Hamzah Qath`i, yaitu
hamzah yang eksis dalam lisan sewaktu membacanya dan eksis pula dalam tulisan. Dinamakan hamzah qath`i
karena pembaca memutuskan bacaan sebagian huruf tertentu dari huruf lain.
Hamzah Qath`i bisa terletak di awal, di pertengahan atau di akhir kalimat.
Hamzah ini juga bisa terdapat pada kata benda, kata kerja dan huruf. Aturan bacaannya harus dituturkan dengan jelas
(izhar).
2. Washal
Hamzah Washal, yaitu hamzah yang eksis di lisan bila terdapat di permulaan
bacaan dan gugur ketika disambung. Dinamakan washal karena hamzah tersebut
berfungsi sebagai penyambung dalam membaca huruf yang sukun di awal kalimat. Tandanya: Huruf shad kecil di atas alif.
2.1 Dibaca Fatah
Jika
hamzah washal terletak di awal kata benda (isim ma`rifah) yang ditandai dengan
alif-lam di awal bacaan, maka hamzah tersebut dibaca fathah. Contohnya:( الحمد لله
رب العالمين - الرحمن الرحيم )
2.2 Dibaca Kasrah
Jika
hamzah washal terdapat di awal kata kerja yang huruf keduanya berbaris fathah
atau huruf ketiganya berbaris kasrah atau terletak pada bentuk mashdar dari
fi`il madli, maka hamzah tersebut dibaca kasrah. Contoh,( استكبارا فى الأرض ) (
ارجع اليهم ) ( ادفع بالتى هي أحسن )Catatan: Hamzah washal sama`i (tanpa kaedah)
terdapat pada tujuh kata benda, yaitu:( ابن - ابنة - امرؤ - امرأة - اثنين - اثنتين
- اسم ) Hamzah washal yang terdapat di awal kata pada awal bacaan wajib dibaca
kasrah.
2.3 Dibaca Damah
Jika
hamzah washal terletak di awal kata kerja perintah (fi`il amr) yang huruf
ketiganya berbaris damah, maka hamzah tersebut dibaca damah. Contoh,( ادع إلي سبيل
ربك - اركض برجلك )
2.4
Tidak Dibaca
Dalam
keadaan disambung, hamzah washal tidak dibaca karena huruf sukun berikutnya
berkaitan dengan huruf sebelumnya. Dengan demikian hamzah washal tidak lagi dibutuhkan
karena itu hamzah tersebut tidak dibaca pada saat disambung. Hamzah Washal,
dibaca fathah, kasrah atau damah jika berada di permulaan bacaan. Jika hamzah
washal terletak di tengah-tengah kalimat, seperti:( والله ), ( وبالحق ),maka hamzah tersebut
tidak dibaca sama sekali, karena penyebutannya ketika itu tidak ada urgensinya.
E. Nun dan Mim
Nun dan mim bertasydid, yaitu setiap nun atau mim yang bertasydid. Huruf
yang bertasydid pada dasarnya berasal dari dua huruf, yang pertama sukun dan
yang kedua berharakat.
1. Mim Tasydid
Mim bertasydid berasal dari dua mim, yang pertama sukun dan yang kedua
berharakat. Mim yang pertama dimasukkan/berassimilasi ke dalam mim yang kedua,
maka terjadilah satu huruf yang bertasydid. Hukum mim tasydid harus dibaca
ghunnah dua harakat. Mim yang bertasydid juga disebut tasydidul ghunnah.
2. Nun Tasydid
Nun bertasydid berasal dari dua huruf nun, yang pertama sukun dan yang
kedua berharakat. Nun yang pertama dimasukkan/berassimilasi ke dalam nun yang
kedua, maka terjadilah satu huruf yang bertasydid. Hukum nun tasydid harus
dibaca ghunnah dua harakat. Nun yang bertasydid disebut juga tasydidul ghunnah.
F. Mim Sukun
Mim Sukun, yaitu mim yang tidak berharakat. Mim semacam ini bisa terdapat
sebelum semua huruf hijaiah kecuali tiga huruf mad( ا , و , ي )untuk menghindari bertemunya dua huruf yang sukun.
1. Izhar Syafawi
Izhar Syafawi menurut etimologi berarti memperjelas dan menerangkan.
Menurut istilah tajwid ialah melafalkan huruf-huruf izhar dari makhrajnya tanpa
dengung. Dinamakan syafawi karena mim sukun makhrajnya dari pertemuan dua
bibir, sedangkan penisbahannya kepada izhar karena ketepatan pengucapannya sama
dengan pengucapan huruf izhar. Izhar Syafawi mempunyai 26 huruf, yaitu semua
huruf hijaiah selain huruf mim dan ba. Catatan: Jika terdapat huruf wau dan fa
setelah mim sukun, huruf mim wajib dibaca izhar syafawi sehingga terhindar dari
keraguan membacanya dengan ikhfa. Sebaliknya, huruf mim wajib dibaca ikhfa
ketika bertemu dengan huruf ba. Alasannya, karena makhraj huruf mim dengan
huruf wau adalah sama dan antara makhraj huruf mim dengan huruf fa sangat
berdekatan.
2. Ikhfa Syafawi
Ikhfa Syafawi menurut ethimologi berarti menyembunyikan. Menurut istilah
tajwid ialah melafalkan huruf yang sifatnya antara izhar dan idgham (tanpa tasydid)
disertai dengan dengung. Dinamakan syafawi karena huruf mim dan ba makhrajnya
dari pertemuan dua bibir. Ikhfa Syafawi
hanya mempunyai satu huruf, yaitu ba.
3. Idgham Mitslain Shaghir
Idgham mitslain shaghir menurut etimologi berarti memasukkan sesuatu ke
dalam sesuatu. Menurut istilah tajwid ialah memasukkan huruf yang sukun ke
dalam huruf yang berharakat sehingga menjadi satu huruf yang bertasydid.
Disebut mitslain karena berasal dari dua huruf yang makhraj dan sifatnya
identik, sedangkan disebut shaghir adalah karena huruf yang pertama sukun dan
yang kedua berharakat. Idgham mitslain
shaghir mempunyai satu huruf, yaitu mim.
G. Lam Sukun
Huruf lam yang sukun dalam Alquran terbagi dalam tiga macam: Lam Takrif,
lam fi`il dan lam huruf.
1. Lam Takrif
Yang dimaksudkan dengan alif-lam takrif adalah alif-lam yang masuk pada
kata benda merupakan tambahan dari bentuk dasarnya, baik kata benda tersebut
bisa berdiri sendiri tanpa alif dan lam, seperti kata( الأرض )atau pun tidak bisa berdiri sendiri seperti kata( الذين ).
Penambahan alif dan lam pada( الذين )adalah wajib karena
kedua huruf itu tidak bisa dipisahkan dari kata benda tersebut. Bentuk seperti
ini hukum bacaannya wajib idgham, jika terdapat setelahnya lam, seperti( الذي )dan wajib izhar, jika terdapat setelahnya ya, seperti( اليسع )atau hamzah, seperti( الأن ).
1.1 Qamariah
Lam
qamariah mempunyai empat belas huruf, yaitu yang tergabung dalam kalimat:( ابغ حجك
وخف عقيمة ).
Hukum lam qamariah adalah izhar, sebab jarak antara makhrajnya dan makhraj huruf-huruf qamariah tersebut berjauhan.
Hukum lam qamariah adalah izhar, sebab jarak antara makhrajnya dan makhraj huruf-huruf qamariah tersebut berjauhan.
1.2 Syamsiah
Lam
syamsiah mempunyai empat belas huruf, yaitu yang terdapat pada awal kata dari
kalimat:( طب/ ثم/ صل/ رحما/ تفز/ ضف/ ذا/ نعم دع/ سوء/ ظن/ زر/ شريفا/ للكرم ).
Hukum lam
syamsiah adalah idgham, sebab makhraj kedua lamnya sama, sedangkan jarak antara
makhraj lam syamsiah dengan makhraj huruf-huruf syamsiah lainnya berdekatan.
2. Lam Fi'il
Lam fi`il adalah lam sukun
yang terdapat pada kata kerja (fi'il), baik bentuk lampau (fi'il madli), bentuk
sekarang (mudlori') atau bentuk perintah (amar), baik di pertengahan atau di
akhir kata.
2.1 Idgham
Jika setelah lam fi`il terdapat huruf ra atau lam, maka
harus dibaca idgham.
2.2 Izhar
Sebaliknya, jika setelah lam fi`il terdapat selain huruf
ra dan lam, maka harus dibaca izhar.
3. Lam Huruf
Yang dimaksud dengan lam huruf adalah lam sukun yang terdapat pada huruf.
Ini hanya terdapat pada( هل )dan( بل )saja, tidak terdapat pada kata lain dalam Alquran.
3.1 Idgham
Jika
setelah huruf lam terdapat ra atau lam, maka harus dibaca idgham, kecuali pada
ayat( بل ران )yang harus dibaca izhar karena adanya saktah yang merupakan
penghalang terjadinya assimilasi suara.
3.2 Izhar
Jika setelah lam terdapat selain huruf ra dan lam, maka
harus dibaca izhar.
H. Pertemuan Dua Sukun
Sesuai aturan dalam bahasa
Arab, jika dua huruf yang sukun bertemu, maka harus dilakukan salah satu dari
dua cara, yaitu membuang huruf yang pertama atau memberinya harakat, dengan
catatan pemberian harakat tersebut hanya dapat dilakukan ketika washal saja.
1. Membuang Yang Pertama
Huruf mad harus dibuang
(tidak dilafalkan) bila bertemu dengan hamzah washal di saat bacaan bersambung,
walaupun dalam penulisannya tetap eksis. Contohnya( إذا الشمس كورت ).
Terkadang huruf tersebut dibuang dalam penyebutan dan penulisannya
sekaligus. Hal ini terjadi ketika huruf
mad bertemu dengan hamzah washal baik waktu washal atau wakaf. Seperti huruf ya
yang dibuang pada kata( تحي )dalam ayat( ربي أرني كيف تحي الموتى ).
2. Mengharakati Yang Pertama
Alternatif kedua dalam
menghindari bertemunya dua huruf yang sukun adalah dengan memberi harakat
fathah, kasrah atau damah kepada huruf yang pertama sesuai ketentuan yang
berlaku.
2.1 Kasrah
Huruf yang sukun pertama diberi kasrah, jika huruf
tersebut berada di akhir kata pertama, sementera yang kedua berada di awal kata
kedua. Dalam keadaan seperti ini huruf yang pertama diberi kasrah dan hamzah
washal tidak dilafalkan. Contohnya( قل ادعوا الله )yang tidak bisa diberi baris fathah atau damah.
Catatan: Jika hamzah washal terdapat setelah tanwin (di saat bacaan
bersambung), maka nun tanwin tersebut harus diberi baris kasrah, seperti tanwin
yang terdapat pada kata( عادا )dalam ayat( عادا الأولى ).
Demikian juga huruf lam yang terdapat pada kata( الاسم )yang terdapat dalam surat Al-Hujurat. Karena huruf
tersebut terletak di antara dua hamzah washal. Oleh sebab itu huruf lam di atas
harus diberi baris kasrah untuk menghindari bertemunya dua sukun.
2.2 Fatah
Huruf yang sukun pertama diberi fathah. Hal ini terjadi
dalam dua kasus, yaitu pertama nun pada huruf jar( مِن )jika bertemu dengan hamzah washal. Contohnya( وأنا علي ذلكم من الشاهدين ).
Kedua ya mutakallim (kata ganti milik orang pertama) jika
bertemu dengan hamzah washal. Contohnya( أذكروا نعمتي التي أنعمت عليكم ).
3.3 Damah
Huruf yang sukun pertama diberi damah. Hal ini terjadi dalam
dua kasus, yaitu pertama wau layin yang digunakan untuk bentuk jamak, jika
bertemu dengan hamzah washal. Contohnya( فتمنوا الموت إن كنتم صادقين ).Kedua huruf mim yang
menunjukkan bentuk jamak jika bertemu dengan hamzah washal. Contohnya( وسخر لكم لليل والنهار
).
I. Tafkhim dan Tarqiq
Dilihat dari segi tafkhim (tebal) dan tarqiq (tipis)-nya, maka huruf
hijaiah terbagi tiga. Pertama huruf yang selalu dibaca tebal, yaitu huruf-huruf
isti`la'(huruf-huruf yang terjadi dengan menaikkan sebagian besar lidah sewaktu
menuturkannya).
Kedua huruf yang terkadang dibaca tebal, terkadang dibaca tipis sesuai posisi huruf dalam ayat, yaitu (huruf lam pada lafal Allah dan huruf ra).
Kedua huruf yang terkadang dibaca tebal, terkadang dibaca tipis sesuai posisi huruf dalam ayat, yaitu (huruf lam pada lafal Allah dan huruf ra).
Ketiga huruf yang selalu dibaca tipis, yaitu huruf-huruf istifal (yaitu
huruf-huruf yang terjadi dengan menurunkan sebagian besar lidah ketika
menuturkannya), selain dari huruf lam dan ra.
1. Level Tafkhim
Tafkhim menurut etimologi berarti menebalkan atau menggemukkan. Menurut
istilah tajwid berarti gambaran tentang tebalnya bunyi huruf seakan-akan bunyi
tersebut bagaikan memenuhi semua rongga mulut. Hurufnya ada tujuh, yaitu yang
tergabung dalam kalimat( خص ضغط قظ ).
1.1 Tingkatan pertama adalah
jika huruf tafkhim berbaris fathah bertemu dengan huruf alif. Contohnya( قال ).
1.2Tingkatan kedua adalah
jika huruf tafkhim berbaris fathah tidak bertemu dengan huruf alif. Contohnya(
خلقكم ).
1.3 Tingkatan ketiga adalah
jika huruf tafkhim berbaris damah. Contohnya( يقول ).
1.4 Tingkatan keempat adalah
jika huruf tafkhim itu sukun. Contohnya( اقرأ ).
1.5 Tingkatan kelima adalah
jika huruf tafkhim itu berbaris kasrah. Contohnya( قيل ).
2. Lihat Konteksnya
Huruf-huruf ada yang
terkadang dibaca tarqiq dan terkadang dibaca tafkhim sesuai dengan kondisi
hurufnya. Hurufnya
ada tiga, yaitu pengecualian dari kelompok huruf istifal, masing-masing
alif-lam pada lafal Allah dan ra.
2.1 Tafkhim
Tafkhim huruf lam pada lafal Allah dan ra. Pertama lam
dibaca tafkhim jika terdapat setelah huruf tafkhim yang lain, seperti( قال ) Kedua lam pada lafal Allah dibaca tafkhim jika
terdapat setelah huruf yang berbaris fathah dan damah atau terdapat di
permulaan kata. Contohnya( قال الله ) , ( عبد الله )dan( الله لا إله إلا هو ).
Ketiga ra yang selalu dibaca tafkhim pada tiga kasus, yaitu pertama jika ra itu berbaris fathah, baik terletak di awal, di tengah-tengah atau di akhir kata. (Dengan syarat dalam keadaan washal).
Ketiga ra yang selalu dibaca tafkhim pada tiga kasus, yaitu pertama jika ra itu berbaris fathah, baik terletak di awal, di tengah-tengah atau di akhir kata. (Dengan syarat dalam keadaan washal).
Contohnya( ربنا - بربكم - ليس البر أن تولوا وجوهكم ).
Kedua jika ra itu berbaris damah. Contohnya( رزقنا - رددت ).
Ketiga jika ra itu sukun dan huruf yang sebelumnya
berbaris fathah, damah atau kasrah (asli) dan sesudahnya terdapat huruf
isti`la', atau huruf sebelumnya berbaris kasrah (bukan asli akan tetapi karena
sebab lain).
Contohnya( زرعا - مرتفقا - قرطاس - ارجعوا )
Contohnya( زرعا - مرتفقا - قرطاس - ارجعوا )
2.2 Tarqiq
Tarqiq huruf lam pada lafal Allah dan ra. Pertama lam
dibaca tarqiq jika terdapat setelah huruf tarqiq yang lain, seperti( الكتاب ) Kedua lam pada lafal Allah dibaca tarqiq jika terdapat
setelah huruf yang berbaris kasrah, baik huruf tersebut bersambung dengan lam
tersebut dalam satu kata atau pada kata lain. Contohnya( لله ) , ( بسم الله ).
Ketiga ra dibaca tarqiq pada tiga kasus, yaitu pertama jika ra itu berbaris kasrah. Contohnya( رجال - مريئا ).
Kedua jika ra itu sukun dan huruf sebelumnya berbaris kasrah (asli) dan tidak ada huruf isti`la' sesudahnya. Contohnya( فرعون ).
Ketiga ra dibaca tarqiq pada tiga kasus, yaitu pertama jika ra itu berbaris kasrah. Contohnya( رجال - مريئا ).
Kedua jika ra itu sukun dan huruf sebelumnya berbaris kasrah (asli) dan tidak ada huruf isti`la' sesudahnya. Contohnya( فرعون ).
Ketiga jika ra itu sukun (karena wakaf) dan terdapat setelah
huruf ya mad atau ya layin. Contohnya( وهو على كل شئ قدير )dan( ذلك خير ).
2.3 Tafkhim lebih baik
Ra boleh
dibaca tafkhim dan boleh tarqiq, akan tetapi tafkhim lebih baik. Yang demikian
terjadi pada dua hal: Pertama jika ra itu sukun (ketika wakaf) dan huruf
sebelumnya berbaris fathah atau damah. Contohnya( إن هذا إلا قول البشر ) ( كذبت
ثمود بالنذر ).
Kedua jika
ra itu sukun (ketika wakaf), huruf sebelumnya sukun juga dan didahului oleh
huruf yang berbaris fathah atau damah (yang kalau diwashal berbaris kasrah).
Contohnya(
والعصر ) ( والفجر ).
Catatan:
Bagi yang membaca tarqiq dapat beralasan karena adanya kasrah yang terdapat
sebelumnya, tidak melihat kepada huruf isti`la' yang terdapat sesudahnya.
Sedangkan alasan orang yang membaca tafkhim adalah karena melihat kepada sukun
yang terjadi karena sebab tertentu dan tidak melihat keadaannya ketika
diwashal.
2.4 Tarqiq lebih baik
Ra boleh
dibaca tafkhim, boleh tarqiq, akan tetapi tarqiq lebih baik. Yang demikian
terjadi pada tiga hal: Pertama jika ra itu sukun ketika wakaf dan sesudahnya
terdapat huruf ya yang terpaksa dibuang untuk meringankan bacaan. Contohnya
kata( يسر )dalam firman Allah swt.( والليل إذا يسر ) asalnya( يسري ).
Dalam hal ini, ya terpaksa dibuang untuk meringankan
bacaan. Kedua jika ra itu sukun, terdapat
sesudah huruf yang berbaris kasrah (ketika wakaf) dan di antara keduanya ada
huruf isti`la'. Kasus seperti ini di dalam Alquran hanya terdapat pada satu
tempat saja, yaitu kata( القطر )pada ayat( وأسلنا له عين القطر ).
Bagi yang
membaca tarqiq beralasan karena diwashal, sedangkan yang membaca tafkhim
beralasan, karena melihat pada sukun yang terjadi karena sebab tertentu
(wakaf).
Ketiga jika ra itu sukun, huruf sebelumnya berbaris
kasrah dan sesudahnya terdapat huruf isti`la' yang berbaris kasrah. Kasus
seperti ini di dalam Alquran hanya terdapat satu saja, yaitu kata( فرق )pada ayat( كل فرق كالطود ).
Bagi yang membaca tarqiq beralasan karena melihat kepada kasrah yang terdapat sebelum, tidak melihat kepada huruf isti`las' yang datang setelahnya, karena berbaris kasrah. Bagi yang membaca tafkhim beralasan, karena melihat kepada huruf isti`la' yang datang setelah ra itu, tidak melihat kepada kasrah yang terdapat sebelumnya juga tidak melihat kepada huruf isti`la' yang berbaris kasrah.
Bagi yang membaca tarqiq beralasan karena melihat kepada kasrah yang terdapat sebelum, tidak melihat kepada huruf isti`las' yang datang setelahnya, karena berbaris kasrah. Bagi yang membaca tafkhim beralasan, karena melihat kepada huruf isti`la' yang datang setelah ra itu, tidak melihat kepada kasrah yang terdapat sebelumnya juga tidak melihat kepada huruf isti`la' yang berbaris kasrah.
2.5 Imalah
Hukum
imalah (condong) hanya khusus bagi huruf ra saja. Dalam keadaan seperti ini ra
dibaca tarqiq, karena baris fathah condong ke baris kasrah dan huruf alif
condong ke huruf ya. Kasus seperti ini di dalam Alquran hanya ada satu saja, yaitu kata( مجراها ).
3. Tarqiq
Tarqiq menurut etimologi berarti menipiskan.
Menurut istilah tajwid berarti gambaran dari perubahan yang terjadi pada bunyi
huruf yang mengakibatkan bunyi tersebut tidak memenuhi mulut. Huruf tarqiq
adalah semua huruf hijaiah selain huruf tafkhim( خص ضغط قظ )dan huruf-huruf yang dibaca
tafkhim atau tarqiq sesuai kondisi (alif, lam pada lafal Allah dan ra).
J. Pertemuan
Pertemuan antara dua
huruf, baik secara lafal atau pun tulisan dapat terbagi ke dalam empat kasus,
yaitu mitslain (identik), mutaqaribain (mirip-berdekatan), mutajanisain
(sejenis) dan mutaba`idain (berbeda-berjauhan).
Dalam konteks ini tidak dibahas hukum mutaba`idain, karena target yang ingin dicapai di sini adalah dapat mengetahui huruf-huruf yang wajib diidghamkan dan yang tidak. Hal ini tidak didapati dalam mutaba`idain. Catatan: Hukum izhar dan idgham pada mitslain, mutaqaribain dan mutajanisain hanya terjadi pada huruf pertama saja, bukan pada huruf yang kedua.
Dalam konteks ini tidak dibahas hukum mutaba`idain, karena target yang ingin dicapai di sini adalah dapat mengetahui huruf-huruf yang wajib diidghamkan dan yang tidak. Hal ini tidak didapati dalam mutaba`idain. Catatan: Hukum izhar dan idgham pada mitslain, mutaqaribain dan mutajanisain hanya terjadi pada huruf pertama saja, bukan pada huruf yang kedua.
1. Mitslain
Mitslain adalah dua huruf yang sama makhraj dan sifatnya, seperti dua huruf
ba atau dua huruf ta.
1.1 Shaghir
Mitslain Shaghir, disebut mitslain shaghir bila huruf
yang pertama sukun dan yang kedua berharakat. Dinamakan saghir (kecil) karena
huruf pertama sukun dan yang kedua berharakat, sehingga mudah diidghamkan.
Aturan bacaannya: Wajib idgham kecuali jika huruf yang pertama mad, maka wajib
dibaca izhar, seperti( قالوا وهم
), atau huruf pertama ha saktah, maka wajib dibaca izhar, karena adanya saktah
tersebut menghalangi terjadinya asimilasi (idgham).Seperti ayat( ماليه هلك ).
1.2 Kabir
Mitslain Kabir, disebut mitslain kabir,bila huruf pertama
dan kedua berharakat. Dinamakan kabir (besar) karena terdapat dalam Alquran
dalam jumlah besar dan karena harakat jumlahnya lebih banyak dari sukun. Aturan
bacaannya: Wajib izhar kecuali pada ayat( تأمنا ), yang hukumnya idgham
disertai isymam, yaitu memonyongkan dua bibir ke depan di waktu menyebut nun
yang sukun pertama dan mengidghamkannya kepada nun yang kedua. Hal ini
dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa baris asal dari nun itu adalah damah.( تأمنّا )asalnya( تأمننا )di mana nun pertama
diidghamkan ke dalam nun kedua, maka jadilah( تأمنّا ).
1.3 Mutlak
Mitslain Mutlak, disebut mitslain mutlak bila huruf yang
pertama berharakat dan huruf yang kedua sukun. Dinamakan mutlak karena tidak
terikat dengan ketentuan shaghir (kecil) dan kabir (besar).
Aturan bacaannya: Wajib izhar menurut pendapat ahli-ahli qiraat.
Aturan bacaannya: Wajib izhar menurut pendapat ahli-ahli qiraat.
2. Mutaqaribain
Mutaqaribain, disebut
mutaqaribain bila bertemu dua huruf yang makhraj dan sifatnya mirip, atau salah
satu dari makhraj dan sifatnya saja.
2.1 Shaghir
Mutaqaribain
Shaghir, yang dimaksud dengan istilah ini adalah pertemuan dua huruf, yang
pertama sukun dan yang kedua berharakat. Dinamakan shaghir (kecil) karena huruf yang
pertama sukun dan yang kedua berharakat. Aturan bacaannya adalah izhar (menurut
Imam Hafsh dan Imam qiraat lainnya).
Khusus mengenai lam dan ra bila bertemu, maka wajib dibaca idgham menurut kesepakatan ahli qiraat. Contohnya( بل رفعه الله - قل رب )kecuali pada( بل ران ).
Khusus mengenai lam dan ra bila bertemu, maka wajib dibaca idgham menurut kesepakatan ahli qiraat. Contohnya( بل رفعه الله - قل رب )kecuali pada( بل ران ).
, Aturan bacaannya ialah izhar karena adanya saktah
(menurut Imam Hafsh ) yang menghalangi terjadinya proses asimilasi/idgham.
2.2 Kabir
Mutaqaribain Kabir, yang dimaksud dengan istilah ini
adalah pertemuan dua huruf yang pertama dan kedua berharakat. Dinamakan kabir
(besar) karena terdapat dalam Alquran dalam jumlah besar dan jumlah harakat
lebih banyak dari sukun. Aturan bacaannya
ialah wajib izhar.
2.3 Mutlak
Mutaqaribain
Mutlak, yang dimaksud dengan istilah ini adalah pertemuan dua huruf, yang
pertama berharakat dan yang kedua sukun. Dinamakan mutlak karena tidak terikat dengan
ketentuan shaghir (kecil) dan kabir (besar).
Aturan bacaannya ialah wajib izhar.
Aturan bacaannya ialah wajib izhar.
3. Mutajanisain
Mutajanisain, disebut mutajanisain bila dua huruf bertemu di mana
makhrajnya sama, sedangkan sifatnya berlainan, seperti huruf dal dan ta.
3.1 Saghir
Mutajanisain
Shaghir, disebut mutajanisain shaghir bila huruf yang pertama sukun dan yang
kedua berharakat. Dinamakan shaghir (kecil) karena huruf yang pertama sukun dan yang kedua
berharakat. Aturan bacaannya ialah wajib izhar, kecuali pada enam tempat yang
harus dibaca idgham, yaitu: 1. Huruf ba dan sesudahnya huruf mim pada ayat( اركب معنا ) 2. Huruf ta dan sesudahnya
huruf dal, seperti( أثقلت دعوا ) 3. Huruf ta dan sesudahnya huruf tha, seperti( إذ همت طائفتان ) 4. Huruf tha dan
sesudahnya huruf dzal, seperti( يلهث ذلك
) 5. Huruf dal dan setelahnya huruf ta, seperti( ومهدت ) 6. Huruf dzal dan sesudahnya huruf zha, seperti( إذ ظلمتم ).
Adapun huruf tha yang sesudahnya huruf ta, seperti( أحطت )aturan bacaannya adalah idgham naqish menurut kesepakatan ahli qiraat.
Adapun huruf tha yang sesudahnya huruf ta, seperti( أحطت )aturan bacaannya adalah idgham naqish menurut kesepakatan ahli qiraat.
3.2 Kabir
Mutajanisain
Kabir, disebut mutajanisain kabir bila kedua hurufnya berharakat. Dinamakan kabir (besar)
karena terdapat dalam Alquran dalam jumlah besar dan karena persentase huruf
yang berharakat lebih besar dari huruf yang sukun. Aturan bacaannya ialah wajib izhar.
3.3 Mutlak
Mutajanisain
Mutlak, disebut mutajanisain mutlak, bila huruf yang pertama berharakat dan
yang kedua sukun. Dinamakan mutlak karena tidak terikat dengan ketentuan shaghir (kecil) dan
kabir (besar).
Aturan bacaannya ialah wajib izhar.
Aturan bacaannya ialah wajib izhar.
K. Level Kalkalah
Kalkalah menurut etimologi berarti getaran. Menurut istilah tajwid berarti
getaran suara yang terjadi ketika mengucapkan huruf yang sukun sehingga menimbulkan
semacam aspirasi suara yang kuat, baik sukun asli atau pun tidak. Huruf
kalkalah ada lima, yaitu huruf-huruf yang tergabung dalam( قطب جد )yaitu: huruf ج, ب, ط, ق dan د . Syarat kalkalah: Hurufnya harus sukun, baik sukun asli
atau yang terjadi karena berhenti pada huruf kalkalah.
1. Rendah
Level kalkalah yang paling rendah terjadi apabila huruf kalkalah terletak
di tengah-tengah kata. Seperti huruf qaf
pada kalimat.( وخلقناكم أزواجا )
2. Sedang
Level kalkalah yang sedang (pertengahan) terjadi apabila berhenti pada
huruf kalkalah sedang huruf tersebut tidak bertasydid. Seperti huruf Thaa pada kalimat.( والله من ورائهم محيط
)
3. Keras
Level kalkalah
yang paling keras terjadi apabila berhenti pada huruf kalkalah sedang huruf
tersebut bertasydid. Seperti huruf qaf pada.( قال رب احكم بالحق )
0 komentar:
Posting Komentar